22.4.08

Memulai dengan FlashDevelop - #2 (AS3)

Oke, di bagian pertama sudah dijelaskan bagaimana caranya menggunakan FD dengan AS2. Sekarang kita akan beranjak dengan menggunakan AS3.

Instalasi

Berbeda dengan AS2, FlashDevelop tidak menyertakan kompiler FlexSDK di dalam instalasinya sehingga harus diunduh sendiri. Pada saat artikel ini ditulis, versi terbaru Flex adalah Flex3SDK. Kalau sudah diunduh, ekstrak dan taruh ke direktori yang dikehendaki (misal c:\flex_3_sdk\)

Konfigurasi

Nyalakan FD, kemudian buka Tools > Program Settings... Pilih AS3Context pada daftar Plugins. Cari Flex SDK Location pada bagian AS3 dan isi dengan direktori tempat flex berada (dalam contoh ini, c:\flex_3_sdk\). Tekan Enter dan klik Close. Sudah, hanya itu! :)

Tes koding

Seperti yang sudah-sudah, kita coba yang gampang saja. AS3 memiliki sintaks yang tidak terlalu beda dengan AS2, namun APInya yang jauh berbeda (dan lebih baik) dari AS2. Kita akan buat "HaloDunia" dalam AS3. Saya asumsikan FD sudah terbuka dan hanya menampilkan halaman pembuka.

Pertama, buka Project > New Project

Pilihlah seting Action Script 3 > Empty Project, dan berikan nama proyek kita "HaloDuniaAS3". Tempatkan pula ke direktori yang dikehendaki. Klik OK.

Seperti pada AS2, klik kanan pada nama proyek di panel Project dan kemudian pilih Add > New Class... Isi nama kelas sebagai "Test.as", dan tekan OK. Klik kanan pada nama kelas "Test.as" dan klik pada Always Compile.

Kita tulis kelas "Test.as" kita, seperti ini:
package { import flash.display.Sprite; import flash.text.TextField; import flash.text.TextFormat; public class Test extends Sprite { public function Test() { var tf:TextFormat = new TextFormat("Arial", 14); var tt:TextField = new TextField(); tt.defaultTextFormat = tf; tt.text = "Halo Dunia"; addChild(tt); } } }

Perhatikan perbedaannya dengan AS2. Yang pertama, kelas dibungkus oleh package, semua kelas di AS3 harus berada di dalam suatu "paket", dan ini digunakan agar scope ato hirarki kelas-kelas kita lebih jelas. Kedua, kelas utama harus sub-kelas dari Sprite ato MovieClip, makanya ada kata extends setelah nama kelas. Karena kelas ini adalah sub-kelas dari Sprite, maka dia bisa menggunakan semua method dari Sprite yang memiliki atribut akses protected ato public. Dalam hal ini, untuk menampilkan turunan dari TextField, cukup dengan menuliskan metode addChild dan menaruhnya pada parameter.

Sebelum dicompile, kita lakukan konfigurasi dengan membuka Project > Properties... Pada tab Output, isikan Output file dengan nama file swf, misalnya "haloduniaas3.swf". Isikan pula dimensinya sesuai yang dikehendaki, misalnya saja 300 x 300. Tekan OK.

Sekarang kita compile, tekan F5 atau pada Project > Test Movie...

Mudah kan? :)

Tidak ada komentar: