18.5.08

Aset media dengan FlashDevelop #1 (AS3)

Konten flash kita seringkali membutuhkan aset media untuk mempercantik penampilan. Apakah itu gambar-gambar, suara atau musik, font, dsb. Kalo yang pake FlashIDE, tentu saja sudah familiar dengan fasilitas Librarynya, namun bagaimana kalo mau menggunakan FlashDevelop dan haXe? Ternyata FD memiliki kemampuan dalam mengelola aset media ato fungsi semacam Library. Caranya cukup mudah, ikuti saja artikel ini.

Langkah-langkah

Buka FlashDevelop, dan buat proyek AS3 baru. Pilih Empty Project, isikan nama proyek dan lokasinya dimana saja.

Pada panel Project, buatlah kelas baru, kita namakan saja "Test". Set agar Always Compile dan juga atur Project Properties dengan seting yang diinginkan.

Untuk memasukkan gambar, klik kanan pada nama proyek kita di Project Panel dan pilih Add > Library Asset...

Pilih any gambar, nanti ada dialog nanyain kalo mo selalu diupdate enggak, pilih Yes. Nanti gambar itu ada di dalam panel Project

Agar bisa dipake di kode, kita gunakan tag Embed. Caranya, kita klik kanan file gambar kita di panel Project, dan pilih Insert Into Document. Tapi pastikan dulu kursor tulis kita ada di area antara nama kelas dengan konstruktornya (lihat gambar di atas).

FD membantu menuliskan tag Embed yang dimaksud. Tag ini nanti digunakan kompiler untuk menyertakan file gambar dan diasosiasikan ke bentuk kelas. Kelas apa dan dimana? Ya kelasnya yang sesuai dengan data yang diembed, kalo gambar ya flash.display.Bitmap, kalo font ya flash.text.Font, kalo SWF ya flash.display.Sprite ato flash.display.MovieClip. Tapi kelasnya mana?.. Nah, kita tuliskan di bawahnya:

private var Daun:Class;

Kemudian kita siapkan variabel untuk instance kelas Daun tadi (yang otomatis jadi kelas Bitmap oleh kompiler Flex, sehingga tipe datanya Bitmap).

Untuk menggunakannya tinggal diturunkan dari kelas Daun, dan letakkan menggunakan addChild

Terakhir, dicompile

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Om mau tanya, kl Bitmap yg kita sudah embed jadi class ini, mau di extends dgn custom class yg udh kita bikin caranya gmn? kyk kita punya gambar bintang.png yg kita udh embed dr Library, terus kita punya Class PutarBitmap. pengen ngegabungin keduanya caranya gmn ? thank You Om Soybean.

Guntur Sarwohadi mengatakan...

Aset yang di-embed biasanya sudah langsung diasosiasikan oleh kompiler ke kelas yang sesuai. Kalo mau pake kustom kelas, seharusnya bisa asal dia extend dari kelas dasar sesuai dengan format aset tadi. Misalkan untuk file gambar ya kelas yang di-cast extend dari Bitmap (class PutarBitmap extends Bitmap).

Anonim mengatakan...

Artikel yg bagus om. Kebetulan saya sedang belajar AS3 :-D